Skip to main content

PENTINGNYA MEMBACA DAN MENULIS

Menulis dan membaca sejatinya tidak bisa dipisahkan, karena hubungannya erat sekali. Karena menulis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan aksara-aksara yang dirangkai hingga menjadi kosa kata dan kalimat, sedangkan membaca merupakan kegiatan melihat dan memahami hasil dari tulisan dengan cara meyuarakan ataupun diucapkan dalam hati. itu semua merupakan sedikit arti dari menulis dan membaca. Dalam arti luas menulis bisa diartikan menuangkan ide dan gagasan untuk suatu tujuan dalam bentuk kata hingga menjadi kalimat dan membaca adalah proses memahami tulisan tersebut hingga mengetahui arti dan tujuan tulisan tersebut.

Oleh karena itu pentingnya kegiatan menulis dan membaca dibiasakan sejak dini, baik dengan membacakan cerita ke anak-anak kita baik cerita yang mempunyai pengaruh positif dan memberikan alat tulis menulis yang biasanya anak kecil mulai dengan melakukan coretan-coretan indah di dinding rumah. Karena sekarang ini kebiasaan seperti itu sudah mulai hilang dan digantikan dengan gadget ataupun televisi, dengan tujuan agar anak kita diam tidak rewel. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik untuk masa depan anak baik dari segi kesehatan maupun bersosialisasi, anak yang sudah terbiasa dengan gadget sedari kecil akan terganggu kesehatan matanya dan imajinasinya karena mereka mempunyai dunia tersendiri dan anak tersebut kurang bisa bersosialisasi dengan lingkungannya dikarenakan terbiasa sendiri walaupun tidak semua. Sebetulnya dengan adanya gadget tidak selalu mempunyai pengaruh negatif jika diatur penggunaannya, penulis disini menjelaskan pengaruh secara umum karena belum lama ini kontrol orang tua terhadap penggunaan gadget anaknya dibebaskan.


Pentingnya dan manfaat menulis dan membaca jika dibiasakan akan membawa pengaruh baik bagi yang melakukannya, karena secara tidak sengaja kegiatan tersebut  mengasah daya ingat dan daya pikir yang pada akhirnya pengetahuan dan informasi yang ditulis ataupun dibacanya akan terekam secara otomatis di memori otak kita. Seorang yang mempunyai banyak pengetahuan seperti Peneliti, Guru, Dosen, Ustad itu semua berawal dari menulis dan membaca, karena tanpa menulis dan membaca ilmu tidak akan terserap dengan baik.

Ayo menulis dan membaca mulai sekarang, dimulailah dengan hal-hal yang kalian suka. Karena dengan hal yang kita suka biasanya tidak berat untuk melaksanakannya. Tetapi diusahakan membaca hal-hal yang positif, dan setelah membaca baiknya kita membuat opini atau ringkasan intisari yang kita baca agar daya pikir kita semakin terasah.

Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

  BAHAYA TELAT MENGGANTI OLI KENDARAAN Pada dasarnya oli mempunyai sebagai pelumas komponen mesin kendaraan, agar mesin tidak mengalami kerusakan karena sering mengalami gesekan antara komponen mesin. Untuk menjaga kendaraan kesayangan kita agar bekerja selalu optimal dan tidak mengalami kerusakan pada saat dipakai yaitu adalah selalu menggunakan oli yang tepat dan selalu mengganti oli sesuai waktu atau seberapa sering kendaraan kita pakai. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini bahayanya jika kita lupa atau tidak mengganti oli kendaraan: 1.     Kinerja mesin mengalami penurunan Kendaraan yang oli mesinnya lupa diganti atau tidak diganti akan membuat kinerja oli tidak maksimal dalam melumasi atau melindungi komponen mesin kendaraan dari gesekan-gesekan yang terjadi, yang menyebabkan kerusakan kerusakan koponen mesin dan berdampak pada kinerja mesin akan ikut menurun. Hal ini paling dirasakan ketika tarikan mobil terasa berat dan suara mesin juga semakin kasar. 2.     Mesin akan